info@tobatransporter.com | WhatsApp : 6285261492668

Article

We provide interesting news and articles for you!

  • Home
  • Article
  • 4 Tips Cara Memilih Ban Yang Tepat untuk Kendaraan Anda
4 Tips Cara Memilih Ban Yang Tepat untuk Kendaraan Anda

4 Tips Cara Memilih Ban Yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Cara memilih ban yang tepat dapat meningkatkan keseluruhan performa kendaraan Anda, termasuk konsumsi bahan bakar dan keselamatan.

Ban adalah salah satu bagian terpenting dari mobil Anda karena merupakan satu-satunya penghubung antara kendaraan dan permukaan jalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih satu set ban yang baik untuk mobil Anda karena hal itu akan meningkatkan kualitas akselerasi, pengereman, dan penanganan kendaraan Anda. Ban berkualitas baik juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Di sisi lain, ban berkualitas murah bisa memberikan Anda pengendaraan yang tidak nyaman dan bergelombang.

Cara Memilih Ban Yang Tepat

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat memilih satu set ban untuk mobil Anda:

1. Jenis Tabung atau Tubeless

Saat memilih antara ban tubeless dan ban tipe tabung, Anda harus selalu memilih ban tubeless karena jauh lebih canggih dan lebih aman daripada ban tipe tabung. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Selain itu, Anda tidak perlu menggunakan velg untuk memasang ban tubeless. Roda baja Anda juga akan bekerja dengan baik karena bebas karat dan memiliki lapisan anti karat di dalamnya.

2. Ukuran Ban

Saat membeli ban baru, orang harus memberi perhatian khusus pada ukurannya. Dan untuk itu anda harus mengetahui cara membaca ukuran sebuah ban. Ini umumnya disebutkan di dinding samping ban dan ditampilkan dengan cara standar. Misalnya, 195/55 R 16 87V. Kita bisa membacanya sebagai:

195 (mm) adalah lebar tapak ban
55 (%) adalah persentase lebar tapak yang berkontribusi dalam pembuatan tinggi dinding samping.
R (Radial) mengacu pada konstruksi radial ban
16 (inci) mengacu pada diameter roda
87 mengacu pada indeks beban ban
V mengacu pada peringkat kecepatan ban

Ukuran sebuah ban dapat digambarkan dengan tiga bagian:

a. Ukuran Rim

Saat memilih ban, perlu diingat bahwa ukuran ban sama dengan ukuran pelek tempat Anda ingin memasangnya. Jika pelek Anda lebih besar dari ban Anda, maka itu akan menurunkan tinggi dinding samping yang akan berdampak buruk pada kualitas pengendaraan dan penanganan kendaraan Anda.

b. Lebar Tapak

Anda harus memilih lebar tapak dengan sangat hati-hati karena ini bertanggung jawab atas kenyamanan dan performa mobil Anda di jalan raya. Lebar tapak akan tergantung pada jenis pengemudi Anda dan tentunya kendaraan yang Anda kendarai. Misalnya, jika mobil Anda menghasilkan banyak tenaga, jika Anda sering menjaga kecepatan tinggi saat menikung atau jika Anda ingin mobil Anda tampil gaya dan kokoh, Anda dapat memilih tapak yang lebih lebar. Namun, jika Anda ingin meningkatkan jarak tempuh bahan bakar, ingin tetap menyalakan lampu kemudi atau jika Anda sering mengemudikan mobil di lalu lintas kota, sebaiknya jangan melangkah lebih lebar.

c. Tinggi Dinding Samping

Setelah Anda selesai memilih ukuran pelek yang akurat dan lebar tapak yang tepat, langkah Anda selanjutnya adalah memilih tinggi dinding samping yang akan membantu menjaga ukuran keseluruhan ban baru serupa dengan ban lama Anda.

3. Pola Tapak

Memilih pola tapak ban Anda adalah tugas penting lainnya. Pola tapak ban memainkan peran utama dalam keseluruhan pengalaman berkendara Anda karena mereka bertanggung jawab atas performa mobil Anda dalam kondisi cuaca yang berbeda. Mereka bertanggung jawab untuk menyalurkan air saat Anda berkendara melalui area yang tergenang air. Pada dasarnya ada tiga jenis pola tapak:

a. Tapak Konvensional

Ini adalah pola tapak yang paling umum digunakan. Ini dapat dijalankan di kedua arah dan dapat dipasang di roda dengan cara apa pun karena tidak memiliki pola uni-directional atau asimetris. Ban jenis ini sangat berguna untuk mengalirkan air saat berkendara melewati daerah genangan air. Ini juga mengurangi kebisingan ban saat melakukannya.

b. Tapak Uni-directional

Pola tapak searah bekerja paling efektif saat diputar ke satu arah. Dinding samping ban ini akan memiliki tanda panah yang akan menyebutkan ke arah mana ban akan diputar.

c. Tapak Asimetris

Ban dengan pola tapak asimetris umumnya memiliki dinding samping luar dan dinding samping dalam. Bagian luar menghadap jalan dan bagian dalam menghadap mobil. Anda akan menemukan tanda di dinding samping yang menyatakan sisi mana yang menghadap jalan dan sisi mana yang menghadap mobil. Pola tapak semacam ini membantu dalam menikung dengan kecepatan tinggi.

4. Senyawa Karet

Bahan karet yang digunakan dalam pembuatan ban merupakan kriteria terpenting yang harus diperhatikan saat membeli ban. Ini bertanggung jawab atas traksi dan karakteristik tapak ban. Jika Anda membeli ban yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, maka daya cengkeram dan kecepatan ban akan tinggi. Ini juga membantu Anda mendapatkan pegangan yang baik pada mobil Anda.

5. Kualitas Ban Secara Keseluruhan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli satu set ban baru.

a. Reputasi Pabrik Pembuat

Membeli ban Anda dari pabrik terkenal membuat banyak perbedaan dalam keseluruhan skenario. Anda harus mengambil pendapat orang lain dan melakukan penelitian tentang pembuatannya sendiri. Pembuat ban terkenal memiliki pabrik modern dan mereka juga menyediakan bahan berkualitas lebih baik dan membuat produk berstandar tinggi.

b. Jaminan

Anda sebaiknya tidak membeli produk yang tidak memiliki masa garansi. Tanyakan kepada pihak penjual mengenai masa garansi produk tersebut.

c. Tanggal Produksi

Saat membeli ban, Anda harus selalu memeriksa tanggal pembuatan yang disebutkan di sisi sampingnya. Ini adalah kode DOT yang umumnya diwakili oleh empat digit angka di mana 2 digit pertama menunjukkan minggu sedangkan 2 digit terakhir menunjukkan tahun pembuatan